BULAN RAMADHAN


TUNAGRAHITA


Agar dalam belajar kita mendapatkan keberkahan dari Allah Swt, mari kita membaca Q.S. al-Baqarah/2: 183.


"Ya ayyuhallazina amanu kutiba 'alaikumus-siyamu kama kutiba 'alallazina ming qablikum la'allakum tattaqun" (QS Al Baqoroh 183)

Artinya:
“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.Kutiba berarti diwajibkan. Wajib  bagi orang-orang yang beriman berpuasa. Wajib artinya jika dikerjakan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan berdosa. 

Siapa yang Puasa di Bulan Ramadān Akan Disayang Allah Swt


“Irchan, saya melihat wajahmu kurang ceria 
hari ini, ada apa?” sapa Dodo. “Kamu kan tahu Do, sekarang ini bulan Ramadān, saya sedang berpuasa,“ jawabnya. “Ooo, kamu sedang berpuasa, baguslah. Tetapi, kenapa kamu kelihatan begitu lemas?”. “Do, saya katakan ke padamu sejujurnya, tahun ini saya berniat untuk melaksanakan puasa penuh satu bulan”. Sebelumnya puasa saya tidak pernah penuh satu bulan. “Biarlah saya lapar dan kelihatan lemas, asal Allah Swt. sayang sama saya,”  lanjut Ircham. “Niatmu bagus sekali Cham. Saya juga melaksanakan puasa penuh satu bulan selama ini karena berharap kasih sayang Allah, timpal Dodo”. 

1. Mengapa Harus Berpuasa?
    “Suatu waktu, Dodo pernah bertanya dalam hati. Mengapa Tuhan menyuruh  manusia berpuasa, tidak boleh makan dan minum sejak terbit fajar hingga tenggelam matahari“? Pertanyaan itu dapat terjawab setelah bapak gurunya memberi tahu di sekolah ketika pelajaran agama.  Ikutilah pelajaran berikut!

2. Puasa Hadiahnya “Takwa”
Di dalam Q.S. al-Baqarah/2: 183, Allah Swt. telah menjanjikan bagi orang yang berpuasa dengan baik akan mendapatkan predikat “takwa”. Apa yang di maksud dengan takwa? Takwa ialah melakukan semua perintah Allah Swt. dan menghindari semua larangan-Nya. Orang yang sungguh-sungguh bertakwa hidupnya tenteram dan bahagia, kemudian di akhirat kelak akan memperoleh taman surga yang sangat indah dan bahagia selama-lamanya. Berpuasa yang baik, harus memahami dan mengikuti ketentuan-ketentuannya. Puasa dalam bahasa Arab disebut £aum atau £iyām, artinya menahan diri dari segala sesuatu, seperti menahan makan, minum, nafsu, dan menahan berbicara yang tidak bermanfaat.  Sedangkan puasa menurut ajaran agama Islam artinya menahan diri dari hal-hal yang membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari, dengan niat dan beberapa syarat. 
Apabila ketentuan-ketentuan  tersebut dapat dipenuhi, puasa seseorang  dapat memberi manfaat dan pasti memperoleh predikat takwa. 

a. Syarat wajib puasa artinya apabila syarat-syarat ini terdapat pada diri seseorang, maka orang tersebut wajib berpuasa, yaitu:
1)  Berakal sehat. Orang gila/hilang akal tidak wajib berpuasa.
2)  Balig atau dewasa. Anak-anak yang belum baligh tidak wajib berpuasa.
3)  Kuat berpuasa. Orang yang lemah fisik tidak wajib berpuasa. Misalnya  lemah karena 
tua boleh tidak puasa tetapi  menggantinya dengan  fidyah. Demikian juga orang yang sedang sakit boleh tidak puasa tetapi wajib mengganti puasa dihari lain setelah sembuh.

Apakah fidyah itu? Fidyah adalah denda sebagai ganti bagi orang yang tidak mampu melakukan puasa. Caranya adalah memberi makan setiap hari (sejumlah hari di mana orang yang bersangkutan tidak berpuasa) kepada orang yang fakir atau miskin. Banyaknya satu mud. Satu mud adalah ukuran berat 626 gram. Fidyah bisa berupa beras atau makanan pokok yang mengenyangkan.

b. Syarat sah puasa, artinya apabila syarat ini terdapat pada seseorang maka puasanya sah,  yaitu sebagai berikut.
1)  Islam, orang yang tidak beragama Islam tidak sah berpuasa.
2)  Berakal, orang yang tidak berakal (gila) atau orang yang dalam keadaan mabuk tidak sah berpuasa.
3) Mumayyiz/Tamy³z, yaitu cerdas dan dapat membedakan antara yang baik dan buruk.
4)  Suci dari haid bagi wanita. Orang yang haid tidak sah berpuasa. Adapun nifas adalah kondisi setelah seorang ibu melahirkan. Mereka juga tidak sah berpuasa.  
5) Dalam waktu yang diperbolehkan berpuasa (bulan Rama«ān). Kita dilarang berpuasa pada dua hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha), dan hari Tasyr³q, yaitu tanggal 11, 12, dan 13  bulan Haji. 
  
c. Rukun puasa ada dua.
Pertama, berniat, yaitu menyengaja puasa  Ramadan. Waktunya setelah matahari terbenam sampai sebelum terbit fajar shadiq.
Kedua, menahan dari segala yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar shadiq hingga terbenam matahari.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang membatalkan puasa.
a)  Makan atau minum dengan sengaja.
b) Muntah dengan sengaja
c)  Datang bulan/haid atau melahirkan
d) Hilang akal/gila walaupun sebentar
e) Murtad (keluar dari agama Islam). 

2. Hal-hal yang merusak pahala puasa.
Apabila seseorang sedang berpuasa, lalu melakukan perbuatan tercela maka rusak atau berkurang pahala ibadah puasanya. Contoh perbuatan tercela: adalah berdusta, menghina, menghasut, memfitnah, berkata kotor, berkelahi atau bertengkar, dan sebagainya. Apabila seseorang sedang berpuasa tetapi melakukan perkelahian, maka puasanya tetap sah namun tidak mendapatkan pahala.  

Amalan-amalan di bulan Ramadan

1. Salat Tarāwih berjamaah di malam hari setelah salat Isya.
Setiap malam pada bulan  Ramadān orang-orang dewasa dan anak-anak, laki-laki dan perempuan, berbondong-bondong pergi ke masjid atau musholla. Mereka melaksanakan salat tarawihh dan witir.







2. Tadarus Al-Qur’ān.
Tadārus al-Qur’ān artinya membaca  al-Qur’ān secara tartil dengan tajwid dan makhraj yang benar atau dengan bacaan yang fasih. Selain membaca, ada lagi yang  mempelajari isi kandungan  al-Qur’ān.  Tadārus dapat dilaksanakan sendiri-sendiri atau dengan cara bergantian, yaitu salah seorang peserta membaca  al-Qur’ān sedangkan yang lainnya menyimak atau memperhatikan bacaan tersebut. Ketika dijumpai kesalahan membaca, maka peserta yang lainnya segera membenarkannya sesuai dengan bacaan semestinya. Tidak dibenarkan jika salah seorang membaca al-Qur’ān  sedangkan yang
lainnya asik bercerita di dekat orang yang membaca al-Qur’ān tersebut.

3. Memperbanyak sedekah.
Bersedekah maksudnya memberikan sesuatu yang bermanfaat kepada orang  lain dengan niat ikhlas karena mengharap ridha Allah Swt.. 

Manfaat Puasa Ramadān

1. Ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt.
Ibadah puasa dan ibadah lainnya merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah. 

2. Melatih kejujuran. 
Di saat berpuasa, kita menahan lapar dan dahaga, mampu untuk tidak makan dan minum meskipun tidak ada yang melihat. Kita  yakin bahwa Allah Swt. Maha Melihat

3. Menanamkan rasa kasih sayang.
Dengan berpuasa, kita dapat merasakan penderitaan orang lain. Banyak di antara mereka kelaparan dan kehausan. Sesama manusia, kita harus mengasihi dan menyayangi dengan memberikan bantuan agar mereka juga merasakan kebahagiaan.

4.  Sehat jasmani dan rohani.
Orang yang berpuasa akan merasakan sehat jasmani dan rohaninya. Rasulullah pernah mengatakan: “Puasalah kamu, supaya sehat”.

5. Melatih kesabaran (pengendalian diri).
Ibadah puasa dapat juga membentuk sikap sabar. Sedangkan sabar adalah sikap utama untuk sukses. Contohnya, orang yang ingin sukses dan berprestasi di sekolah harus sabar dalam  belajar. Ingin sukses bermain bola harus juga sabar berlatih. Ingin sukses masuk surga sekalipun harus sabar mentaati perintah Allah Swt. Jadi bagi yang ingin sukses di dunia dan akhirat harus menggunakan sikap sabar.

Rangkuman
1.  Puasa  Rama«ān adalah perintah Allah Swt. sebagaimana terdapat dalam  Q.S.  al-Baqarah/2: 183.
2.  Berpuasa di bulan Rama«ān untuk meraih derajat tertinggi, yaitu “takwa”.
3.  Puasa memiliki ketentuan-ketentuan, seperti syarat wajib puasa, syarat sah puasa, rukun puasa, dan yang membatalkan puasa.
4.  Pada bulan puasa dianjurkan memperbanyak amal ibadah, seperti  salat  tarāwih berjamaah, tadārus al-Qur’ān, dan memperbanyak sedekah.
5.  Puasa Ramadān mengandung banyak manfaat, di antaranya ungkapan rasa syukur kepada Allah Swt., melatih kejujuran,  menanamkan rasa kasih sayang, sehat jasmani dan rohani, dan melatih kesabaran (pengendalian diri).

Atau dapat di lihat dalam tayangan ini



Contoh Sholat TARAWIH AUDIO





LATIHAN SOAL GOOGLE FORM


Related

materi 1088685697310282053

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item