MEMELIHARA AYAM

TEMA    : MENYAYANGI HEWAN
KELAS   : 7 TUNAGRAHITA



MEMELIHARA AYAM

Udin senang memelihara ayam. Udin sangat menyayangi ayam peliharaannya. Setiap hari, Udin selalu memberi makan dan minum. Udin juga rajin membersihkan kandang ayam. Ayam peliharaan Udin bersih dan sehat. Rawatlah hewan peliharaan dengan baik. Tuhan sayang kepada anak yang menyayangi makhluk lainnya. Berikut ini adalah petunjuk merawat anak ayam secara sederhana yang Udin lakukan.


Petunjuk Merawat Anak Ayam


• Pilihlah anak ayam yang sehat.


• Banyaknya ayam cukup 2 sampai 5 ekor.


• Siapkan kandang sederhana menggunakan             kardus bekas.


• Beri alas jerami atau kertas koran agar kandang     mudah dibersihkan.






• Lengkapi kandang buatanmu dengan lampu                   untuk menghangatkan ruangan dalam kandang.


• Minta bantuan orang tua untuk memasangkan               lampu.

• Nyalakan lampu terus menerus selama tiga                   minggu agar anak ayam merasa hangat.

• Lengkapi kandang dengan tempat makan dan               minum yang mudah dijangkau oleh anak ayam.

• Simpan kandang ayam buatanmu di tempat                yang nyaman dan aman agar tidak terancam                     oleh binatang lainnya.

• Setelah tiga minggu anak ayam akan tumbuh menjadi      besar.


• Gantilah air minum ayam setiap hari.


• Beri makan ayam setiap hari dengan makanan dari           biji-bijian, seperti beras.            
  


Ayo Berlatih


Siti dan teman-teman mengerjakan tugas bersama di rumah Udin. Ibu Udin menyiapkan kue untuk mereka. Ibu memotong kue sama besar.
Satu kue dibagi menjadi 10 potong

Ibu memotong kue menjadi sepuluh bagian sama besar. Dalam lambang pecahan, ditulis. Edo memakan 4 potong kue bolu. Kita dapat menuliskan banyaknya kue bolu yang dimakan Edo dalam lambang pecahan biasa seperti berikut.









Tentukan bagian gambar yang diwarnai mengguna  kan pecahan biasa!
Pasangkan gambar dengan pecahan biasa yang sesuai dengan cara menarik garis!


Sekarang, cobalah mewarnai gambar sesuai lambang pecahan biasa pada bumu masing-masing ya! Jangan lupa di tunjukkan di group WhatsApp kelasmu ya


Ayo Mengamati!

Perhatikan gambar berikut ini!
Apa yang sedang dilakukan Arbi? Tulis di bukumu ya, nanti ditunjukkan di group WhatsApp kelasmu, supaya teman lain tahu juga lo

1. 
......................................................

2. 
........................................................

3. 
.......................................................

4. 
........................................................


Perhatikan kata-kata dalam tabel berikut!

Temukan minimal 8 nama ikan dalam tabel berikut ini!
Jangan lupa tulis di bukumu nanti setelah selesai tunjukkan kepada teman-temanmu di group WhatsApp kelasmu ya!


1. ikan ..........................
2. ikan ..........................
3. ikan ..........................
4. ikan ..........................
5. ikan ..........................
6. ikan ..........................
7. ikan ..........................
8. ikan ..........................

Tahukah kamu apa sebutan untuk orang yang profesinya menangkap ikan?
Nelayan adalah panggilan terhadap orang yang bekerja menangkap ikan setiap hari. Mereka biasanya tinggal di daerah pesisir pantai. Nelayan menggunakan jaring untuk menangkap ikan di laut. Lalu menjual hasil tangkapannya kepada pedagang ikan.

Menangkap ikan sebaiknya menggunakan jaring agar hanya ikan besar saja yang tertangkap. Orang yang tidak menyanyangi hewan laut, terkadang menggunakan bahan peledak untuk menangkap ikan. Menangkap ikan menggunakan bahan peledak, akan merusak makhluk laut lainnya dan menangkap ikan yang masih kecil. Menangkap ikan sesuai kebutuhan, dan hanya menangkap ikan-ikan besar saja, termasuk sikap menyayangi makhluk hidup laut.

Ada permainan menarik yang dapat kamu lakukan bersama teman-temanmu, namun jangan sekarang ya karena kalian saat ini belajar di rumah, besuk saja jika kondisi penyebaran virus corona telah dapat di atasi ya!

Ayo bermain menjaring ikan!

Lakukan kegiatan seperti petunjuk permainan berikut ini!
1.  Buatlah kelompok, masing-masing terdiri dari 12 orang.
2.  Setiap kelompok dibagi menjadi dua kelompok lagi. Satu kelompok terdiri           dari 5 orang dan kelompok lainnya 7 orang.
3.  Buatlah dua lapis lingkaran, lingkaran dalam terdiri dari kelompok yang             berisi 5 orang. Lapisan lingkaran  luar terdiri dari kelompok yang terdiri dari       7 orang.
4.  Kedua kelompok berdiri secara berhadap-hadapan.
     
5.  Siswa di setiap kelompok berpegangan tangan dan angkat tangan dan               letakan di depan secara bersama-sama.


6.  Jika guru menyebutkan kata “Jaring”, maka siswa yang berada pada                   lingkaran luar maju bersama, mendorong tangan, memperkecil lingkaran,           menyerupai sebuah jaring yang sedang menangkap ikan. sementara                 lingkaran dalam juga bergerak mundur, menarik tangan dan mem  perkecil         lingkaran seakan-akan tertangkap jaring.


7.  Jika guru menyebutkan kata “Ikan”, maka siswa yang berada pada lingkaran      luar, menarik tangan dan mundur bersama memperbesar lingkaran, seakan-      akan jaring terbuka. Sementara lingkaran dalam juga bergerak maju,                mendorong tangan, dan memperbesar lingkaran seakan-akan ikan akan            keluar  jaring.



Wah kelihatannya asik sekali ya, marilah kita berdo'a agar penyebaran virus corona segera dapat dikendalikan dan Indonesia terbebas dari covid 19. Aamiin


Ayo Mengamati!



Menyayangi hewan dengan cara memeliharanya adalah hal yang menyenangkan. Hewan juga bisa dilatih untuk bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berbaris, mengendarai sepeda, dan menari. Kita dapat melihat hewan-hewan yang terlatih itu dalam sebuh pertunjukan sirkus. Tidak hanya hewan yang jinak, hewan buas pun dilatih agar bisa ikut pertunjukan. Dalam sebuah kelompok sirkus, hewan-hewan dilatih dan dirawat dengan baik. Selain dilatih, hewan-hewan tersebut juga diberi makanan dan dibersihkan badannya dengan teratur. Para pelatih sangat menyayangi hewan-hewan asuhannya.



Apakah kamu pernah melatih hewan peliharaanmu?



Ayo Berlatih!

Petugas sirkus sedang mempersiapkan makanan untuk hewan pemakan daging. Petugas memotong daging menjadi 8 bagian sama besar.


5 bagian daging diberikan untuk harimau. Bagian daging yang dimakan harimau, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah ......

3 bagian daging diberikan untuk beruang. Bagian daging yang dimakan beruang, jika ditulis dalam bilangan pecahan adalah ......









Hewan manakah yang memakan bagian daging lebih banyak?
Pasti harimau ya


Perhatikan gambar berikut untuk mempelajari bilangan pecahan.




Kalian bisa main game di sini lo, klik saja gambarnya, jangan lupa masukkan kodenya ya 1a682




sumber : Buku Tematika Terpadu Kurikulum Pendidikan 2013

Related

materi 1537707632830513126

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item