Pelatihan dan Peningkatan Kompetensi Guru yang Berkelanjutan di Sekolah




Guru perlu untuk selalu menambah ilmu. Sudah seharusnya ialah sosok yang haus akan ilmu, maklum posisinya sebagai penebar ilmu kepada muridnya akan membuat ilmunya cepat usang jika tidak di “update”.
Kesadaran agar guru selalu belajar bisa datang dari guru itu sendiri maupun dari sistem yg dibuat sekolah. Sebaiknya sistem peningkatan kompetensi guru adalah yang melibatkan guru itu sendiri. Tujuan akhir dari sistem itu sendiri adalah membuat potensi guru muncul untuk saling berbagi ilmu antar sesama guru sehingga timbul yang disebut sebagai professional learning community.
Peningkatan kompetensi guru yang bermakna di sekolah bisa dilakukan dengan cara:
  • Sekolah menjadwalkan waktu khusus, misalnya 2 minggu sekali guru bertemu untuk membahas isu terbaru dalam dunia pendidikan.
  • Sekolah membuat “teacher’s book club”. Dipimpin seorang guru, setiap minggu guru bertemu untuk membahas bab per bab buku yang sudah dipilih.
  • Sekolah mengajak gurunya untuk membuat akun di social media (twitter, dll).
  • Untuk peningkatan kompetensi dalam bidang TIK guru bisa mengundang murid yang menguasai teknologi untuk mengajar gurunya.
  • Rutin menempel artikel yang bagus mengenai pendidikan di ruang guru
Bagaimana dengan sekolah anda? apakah yang diri anda atau sekolah anda lakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi guru-guru nya? yuk berbagi di kolom komentar


Sumber: https://gurukreatif.wordpress.com

Related

berita 1790696699729810912

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item