KEBUN BINATANG
https://slbdayaananda.blogspot.com/2020/05/kebun-binatang.html
TEMA : REKREASI
SUBTEMA : KEBUN BINATANG
KELAS : 10 TUNAGRAHITA
SUBTEMA : KEBUN BINATANG
KELAS : 10 TUNAGRAHITA
Tamasya ke Kebun Binatang
Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan seksama!
Ini adalah cerita Oni yang disampaikan di depan kelas.
Saya, Olla (kakak saya) beserta ayah dan ibu pergi ke kebun binatang. Ayah membeli karcis untuk kami berempat. Harga masing-masing karcis itu sepuluh ribu rupiah. Ayah membagikan karcis dan kami pun mengantre. Suasana di kebun binatang sangat ramai. Binatang yang pertama kami lihat adalah gajah. Kandang gajah paling dekat dengan gerbang masuk kebun binatang. Kami berkeliling melihat binatang-binatang lain, seperti buaya, beruang, harimau, ular, burung, monyet, kancil dan lainnya. Kata ayah, para petugas di Kebun Binatang sangat banyak. Ada yang bekerja memberi makan hewan, ada pelatih hewan, penjaga keamanan, dokter hewan, petugas kebersihan. Itu semua agar pengunjung merasa nyaman.
"Apakah kamu merasa senang, Oni?" tanya ayah.
"Senang sekali, Yah!" Jawabku.
Ayah mengusap-usap kepalaku.
Sebelum pulang, kami mampir makan di restoran.
Ayo berlatih!
Apakah kalian sudah memahami apa isi bacaan "Tamasya ke Kebun Binatang?"
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut! Jangan lupa tulis di bukumu ya, nanti boleh dikirim ke group WhatsApp kelasmua supaya temannya tahu juga.
1. Siapakah yang berceritera pada bacaan di atas?
Jawab : .................................................
2. Siapa saja yang bertamasya?
Jawab : .................................................
3. Ke mana mereka bertamasya?
4. Berapa rupiah ayah harus membayar semua karcis?
Jawab : .................................................
5. Jenis pekerjaan apa yang ada di kebun binatang?
Jawab : .................................................
Siapa yang sudah pernah ke kebun binatang?
Kalian juga dapat berceritera tentang hewan peliharaanmu, atau hewan yang kalian sukai.
Ayo Cari Tahu!
Amatilah hewan di sekitarmu, kemudian isilah tabel berikut bersama ayah ibu dan saudaramu! jangan lupa tulis di bukumu ya dan nanti tunjukkan di group WhatsApp kelasmu
Tabel 1.2 Tugas Mengamati Hewan
Marilah kita bersyukur atas ciptaan Tuhan.
Tuhan menciptakan keberagaman pada hewan. Ada hewan jantan dan betina, ada hewan buas dan jinak.
Perhatikan aneka hewan di bawah ini!
Keberagaman hewan memberikan manfaat bagi manusia.
Kita harus menyayangi hewan dan menjaganya
Ayo menyayangi dan memelihara hewan!
Di alam ini terdapat keberagaman kehidupan, Tuhan menciptakan manusia dan makhluk hidup lain dengan keberagamannya. Ada yang berbeda kulitnya, ada yang berbeda rambutnya, ada yang berbeda tingginya, ada laki-laki dan ada perempuan.
Perhatikan gambar keberagaman manusia di bawah ini!
Setiap manusia memiliki ciri-ciri tertentu. Menurut kalian manakah sikap yang baik dan tidak baik kepada temanmu yang berbeda dengan kamu?
Berilah tanda centang (V) pada kolom yang tersedia!
Ayo berhitung!
Di kebun binatang terdapat beberapa kelompok binatang yang ditempatkan di kandang yang terpisah.
Ada 8 ekor gajah, 30 ekor burung, 5 ekor harimau, dan 17 ekor buaya.
Hitunglah penjumlahan di bawah ini! tulis di bukumu ya dan nanti tunjukkan di group WhatsApp kelasmu
Ayo Menyimak!
Keragaman Hidup Hewan
Indonesia kaya akan keragaman hewannya. Setiap daerah memiliki hewan khas daerahnya masing-masingn Seperti badak bercula satu dari Ujung Kulon. Burung Cendrawasih dari Papua. Harimau Sumatera dari Sumatera, komodo dari pulau Komodo, dan masih banyak lainnya. Pemerintah melindungi hewan- hewan tersebut dari kepunahan. Setiap hewan juga memiliki kelompok masing-masing. Ada kelompok hewan pemakan daging yang disebut karnivora contohnya harimau, singa, dan anjing. Ada kelompok hewan pemakan tumbuhan yang disebut herbivora contohnya sapi, kambing, kuda dan lain-lain. Ada juga yang pemakan daging dan tumbuhan disebut omnivora, contohnya, ayam, tikus, bebek dan lain-lain. Kelompok hewan ini merupakan keseimbangan rantai makanan.
Lakukan wawancara tentang keaneka ragaman binatang yang ada di lingkungan rumahmu.
Gunakan panduan untuk wawancara sebagai berikut!
Ayo Berhitung!
Kamu sudah berlatih cara berhitung menggunakan kalkulator yang ada di handphonemu bersama orang tuamu, bukan?
Sekarang akan berlatih operasi penjumlahan dan pengurangan dan perkalian. Perhatikan tanda operasi hitungnya ( +, - , x ).
Jangan lupa tulis di bukumu ya, nanti boleh dikirim ke group WhatsApp kelasmua supaya temannya tahu juga.
Kamu Harus Tahu!
Anak-anak sangat menyukai jajanan. Makanan jajanan ini adalah makanan yang dijajakan. Di tempat rekreasi, di pinggir-pinggir jalan dan di sekitar sekolah seringkali terdapat penjaja makanan. Kita membeli jajanan karena jauh dari rumah atau untuk camilan selingan. Kamu harus berhati-hati saat memilih jajanan, karena seringkali banyak dijajakan makanan yang tidak sehat.
Kalian dapat mengenali ciri-ciri jajanan yang sehat agar aman bagi tubuh yaitu makanan yang sehat, selain segar dan bersih juga tidak boleh mengandung bahan kimia yang berbahaya. Bahan-bahan kimia yang biasa ditambahkan ke dalam makanan secara sengaja disebut bahan tambahan pangan (zat aditif pangan). Bahan kimia yang biasa ditambahkan ke dalam makanan saat pengolahan yaitu:
1. Bahan pewarna
2. Bahan pemanis
3. Bahan pengawet
4. Bahan pengenyal
5. Bahan penambah rasa
Bahan-bahan itu tidak baik bagi kesehatan tubuh. Coba kamu cari tahu, pada makanan apa saja biasanya bahan-bahan itu ditambahkan? Hindari jajan di tempat-tempat yang tidak sehat, misalnya di pinggir jalan yang berdebu, makanan yang tidak diberi pembungkus, dan makanan yang diberi bumbu-bumbu perasa tambahan.