PJJ MANFAAT HEWAN BAGI MANUSIA


TEMA             : MANFAAT HEWAN BAGI MANUSIA
KELAS            : 7 SMPLB TUNAGRAHITA
Oleh              : Trisna Mulyana, S.Pd


Tuhan menciptakan hewan agar dapat dimanfaatkan oleh manusia. Ada hewan yang dipelihara untuk digunakan tenaganya. Ada juga yang diternakkan untuk diambil daging, kulit, telur, susu, dan tulangnya. Ada pula hewan buas yang hidup di alam bebas. Menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga dan melestarikan hewan

Ayo Membaca

Arbai memelihara ayam. Ada ayam jago, ayam betina, dan anak-anak ayam. Setiap hari Arbai dibangunkan dengan suara ayam jago. Ayam jagonya berkokok nyaring sekali setiap pagi. Ternyata Arbai juga punya buku cerita tentang ayam jago.

Yuk, kita baca dongeng tentang ayam jago

Ayam Jago Baru

                                                                                     Pengarang: Anonim


Ada ayam jago baru di suatu dusun. Dia datang dari kota yang jauuh ... sekali. Suatu ketika, Ayam Jago terjaga dari tidurnya. Matanya yang masih mengantuk perlahan terbuka. Di langit dia melihat benda bundar berwarna kuning keemasan. “Itu pasti Matahari!” pikirnya. Maka walaupun dia masih mengantuk, dia melompat ke atas pagar. “Kukuruyuk.... Hari sudah pagi!” kokoknya keras-keras. Induk-induk ayam bergegas berlarian keluar. 
Mereka mulai mengais-ngais mencari makan. “Wah, betapa gelapnya hari ini!” keluh mereka. Tiba-tiba terbang melintas seekor burung hantu Dia hinggap di pohon dekat mereka. “Kamu siapa?” tanya si Ayam Jago Baru. “Aku, Burung Hantu!” jawabnya. “Hai, mengapa kalian ribut-ribut di tengah malam begini?” 
“Si Ayam Jago tadi berkokok. Itu tanda hari sudah pagi!” ujar induk-induk ayam itu. Mereka 
kemudian ribut bergumam. Si Burung Hantu menepukkan sayapnya meminta mereka tenang “lya! Itu Matahari sudah terbit di langit!” ujar si Jago. Si Burung Hantu tertawa terbahak-bahak. “Itu bukan Matahari! Itu adalah bulan purnama!” katanya. Induk-induk ayam kembali bergumam. Mereka kembali ke tempat masing-masing dan tidur lagi. Si Ayam Jago Baru merasa malu. Dia berjanji besok lagi akan membuka kedua matanya lebar-lebar. Dia harus yakin yang dilihatnya adalah Matahari. Setelah itu, baru dia akan berkokok.

Sumber: www.rumahdongeng.com

Ayo Berlatih

Ayam sangat bermanfaat bagi manusia. Telur, daging, kulit, dan bulu adalah bagian ayam yang dapat diambil manfaatnya. Ayam-ayam Arbai tinggal di kandang belakang rumah. Arbai memiliki 10 anak-anak ayam. Arbai ingin menempatkan anak-anak ayam secara berkelompok. 
Pertama, Arbai memasukkan 2 ekor anak ayam ke dalam tiap ruangan di kandang. 
Kedua, Arbai kemudian mengubah banyak anak ayam tiap kelompok menjadi 5 ekor.


Perhatikan gambar berikut ini!


Penulisan lambang bilangan: 5 × 2  =  2 + 2 + 2 + 2 + 2


Penulisan lambang bilangan: 2 × 5 = 5 + 5
Jadi, 5 × 2 = 2 × 5

   Kemudian
 Arbai memiliki 12 ayam jago.  Ia menempatkan ayam jago dalam     kandangnya secara berkelompok.
Penulisan lambang bilangan:   2 × 6  =  6 + 6                         


Penulisan lambang bilangan: 6 × 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 + 2
Jadi, 2 × 6  = 6 × 2


Ayo Mencoba

Bacalah teks di bawah ini dalam hati!


Arbai memelihara ayam di rumah karena ia menyukai binatang. Ayah Arbai membuatkan kandang ayam. Setiap hari, Arbai memberi makan dan minum kepada ayam-ayamnya. Ayam-ayamnya sudah ada yang bertelur. Arbai bertugas mengumpulkan telur-telur itu. Ayah Arbai juga menyukai binatang. Ia memelihara burung beo. Burung beo ayah bisa bicara. Ayah juga orang yang lucu. Ia mengajari burung beo kata-kata lucu. Ayah dan Arbai sering tertawa mendengarnya. Kadang-kadang Arbai suka menggoda burung beo ayah.  Setiap manusia memiliki sifat masing-masing. Dalam keluarga ada yang memiliki sifat sama, ada juga yang berbeda. Dari cerita di atas, kita tahu bahwa sifat Arbai rajin dan menyukai binatang.


1.  Tulislah dua sifat ayah Arbai yang kamu temukan pada teks bacaan!

 

2.  Tulislah dua sifat Arbai yang kamu temukan pada teks bacaan!


LATIHAN SOAL 
le


Berdasarkan bacaan "Ayam Jago Baru" di atas kerjakan Teka Teki Silang di bawah ini



Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Tabs

Pengikut

item