Kurikulum
https://slbdayaananda.blogspot.com/2015/02/kurikulum.html
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SLB Ganda Daya Ananda
|
Kelas / Semester
|
:
|
XII / 1
|
Tema
|
:
|
4. Berbagai Pekerjaan
|
Sub Tema
|
:
|
1. Jenis-jenis Pekerjaan
|
Pembelajaran ke
|
:
|
1
|
Alokasi waktu
|
:
|
1 x Pertemuan (1 hari)
|
A. KOMPETENSI INTI
KI 3
|
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
|
KI 4
|
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B. KOMPETENSI DASAR
IPS
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi
Indikator :
3.5.1
Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan serta hubungannya
dengan kondisi geografis daerah tempat tinggal
4.5.2
Menjelaskan hubungan
jenis-jenis pekerjaan dengan kondisi geografis lingkungan tempat tinggal
melalui kegiatan membaca peta
IPA
3.7 Mendeskripsikan
hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang
digunakan di kehidupan seharihari dan kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat
dengan memanfaatkan teknologi tersebut
Indikator :
3.7.1
Menjelasakan sumber daya alam
di suatu daerah dan menghubungkannya dengan jenis - jenis pekerjaan yang ada
Bahasa Indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan
dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber
daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku
Indikator :
3.4.1 Menemukan informasi tentang teh dan proese pembuatannya melalui
kegiatan membaca
4.4.2 Menyajikan cerita singkat tentang proses pembuatan teh setelah
kegiatan membaca
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengkaji bacaan tentang hubungan sumber daya alam dan
pekerjaannya, siswa mampu menjelaskan hubungan sumber daya alam dan pekerjaan
yang ada di daerah tersebut dengan teliti.
2. Dengan kegiatan membaca dan menganalisa bacaan ,siswa mampu
menemukan informasi tentang teh ,jenis pekerjaan dan proses pembuatannya dengan
benar.
3. Setelah menganalisa peta siswa mampu mengidentifikasi kondisi
geografis dan pekerjaan dengan benar.
4. Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan
hubungan antara sumber daya alam dan kondisi geografis (dataran rendah, tinggi
dan perairan).
5. Setelah membaca teks petualangan “Ulil SI Daun Teh”, siswa mampu
menjelaskan proses daun teh menjadi teh tubruk secara runtut.
D. MATERI
Proses pembuatan teh,
keadaan wilayah tempat tinggal mereka dan jenis-jenis pekerjaan yang ada, peta
sederhana, bacaan tentang Ulil Si Daun Teh.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
Mengajak siswa menyanyikan lagu yel-yel
1) Mengajak Siswa
menyanyi, yang relevan dengan pembelajaran hari ini. Dilanjutkan dengan
bertanya jawab tentang syair lagu
2) Menginformasikan Tema
yang akan dibelajarkan yaitu tentang
Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan
piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya jawab tentang
materi pembelajaran.
Guru menyiapkan fisik
dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
Pada kegiatan awal,
selain melihat alat peraga lainnya, siswa juga dapat menonton video terkait
pembelajaran hari ini.
|
5
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Siswa mengamati gambar
proses pembuatan teh. Ingatkan siswa untuk memperhatikan langkah-langkah
proses tersebut secara detail.
-
Guru berkeliling saat siswa mengamati gambar. Pastikan semua
siswa melakukan tugasnya.
-
Guru bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengarahkan siswa
memperhatikan secara rinci proses pembuatan teh yang ada dalam gambar.
-
Siswa diminta berdiskusi dengan seorang teman untuk menjawab
pertanyaan yang ada di buku mengenai letak perkebunan teh, pekerjaan yang ada
di perkebunan tersebut, dan tugas dari setiap pekerja tersebut.
-
Siswa menuliskan jawaban di buku.
Jawaban:
Di manakah letak
perkebunan teh? (di pegunungan di dataran tinggi)
Pekerjaan apa saja
yang ada di perkebunan teh? ( pemetik teh, pengolah teh, dan pengemas teh)
Apa tugas dari masing-masing
pekerja di kebun teh? (memetik teh, mengolah teh, dan mengemas teh)
Siswa mengamati tiga
gambar yang berisi tiga jenis profesi dari di tiga tempat yang berbeda.
-
Siswa menuliskan keterangan tentang tiga jenis profesi tersebut
di bagian bawah gambar.
-
Siswa diingatkan untuk mengisi keterangan tentang tiga jenis
profesi tersebut dengan teliti.
-
Siswa menganalisis hubungan antara pekerjaan dan tempat bekerja.
Kemudian, menuliskan jawaban dari pertanyaan yang ada di buku.
-
Guru menguatkan materi bahwa ada beberapa pekerjaan yang sangat
berhubungan dengan tempat mereka berada, seperti pemetik teh yang tinggal di
pegunungan yang disebut sebagai dataran tinggi dan nelayan di pantai yang
tinggal di dataran rendah.
-
Siswa melakukan tugas individu yaitu menceritakan keadaan
wilayah tempat tinggal mereka dan jenis-jenis pekerjaan yang ada, serta
menuliskannya di buku.
-
Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan kondisi wilayah
tempat tinggal mereka, apakah di daerah dataran tinggi, dataran rendah, atau
di daerah perairan.
-
Siswa diharapkan mengetahui hubungan antara kondisi wilayah
tempat tinggal dan jenis pekerjaan yang ada.
-
Guru menutup sesi pembelajaran dengan penguatan konsep bahwa ada
beberapa jenis profesi yang keberadaannya dipengaruhi oleh kondisi geografis.
-
Siswa mengamati peta sederhana yang ada di buku.
-
Guru mengingatkan siswa untuk memperhatikan secara rinci
gambar-gambar yang ada di dalam pulau dan memahami arti warna yang ada di
kolom legenda.
-
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan siswa tentang
perbedaan warna yang ada di peta.
· Siswa diingatkan untuk
memprediksi jenis-jenis pekerjaan yang ada di daerah-daerah yang terdapat di
peta, misalnya pemetik teh di dataran tinggi dan nelayan di wilayah perairan.
· Siswa menuliskan hasil
pengamatan peta pada tabel di buku.
· Siswa membuat
kesimpulan tentang isi tabel, bahwa kondisi geografis tempat tinggal suatu
masyarakat akan memengaruhi jenis-jenis pekerjaan masyarakat yang ada di
wilayah tersebut. Siswa menuliskan kesimpulan mereka di buku.
· Guru memberikan
penguatan tentang materi yang telah dipelajari, bahwa kenampakan wilayah
permukaan bumi itu terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, dan perairan,
yang kemudian memengaruhi jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat
tersebut.
· Siswa membaca senyap,
bacaan tentang Ulil Si Daun Teh.
· Siswa menyebutkan
sebanyak mungkin pekerjaan yang ada dalam cerita.
· Siswa menuliskan
proses Ulil Si Daun Teh sampai menjadi teh tubruk yang dapat dinikmati oleh
semua orang dalam kolom yang tersedia di buku.
Tugas berpasangan:
· Siswa bercerita pada
teman pasangannya tentang proses pembuatan daun teh secara singkat.
· Siswa kemudian saling
menilai presentasi pasangannya dengan memperhatikan criteria yang diharapkan,
dalam rubrik penilaian.
- Guru menerangkan
kriteria yang ada dalam rubrik penilaian.
- Guru juga menerangkan
cara mengisi rubrik.
|
145
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Siswa menuliskan
pengalaman belajar tentang materi yang telah mereka pelajari, yaitu hubungan
antara pekerjaan seseorang dengan lokasi tempat tinggal. Siswa menuliskan di
buku.
Siswa melakukan
renungan dengan mengisi daftar periksa tentang kebiasaan terhadap lingkungan
sekitar dengan memberikan tanda (√). Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan
perenungan di Buku Guru.
Guru menyampaikan
pesan moral tentang sikap terhadap
Berbagai Pekerjaan dengan bijak.
Tugas:
Siswa mencari
informasi tentang pekerjaan orang tua masing-masing. Informasi berisi tentang
tugas dan wilayah tempat orang tua mereka bekerja.
Salam dan doa penutup.
Pengayaan:
-
Siswa menceritakan kelebihan atau keunikan yang dimiliki
masyarakat di daerah tempat tinggal masing-masing. Kelebihan atau keunikan
tersebut berkaitan dengan jenis-jenis profesi atau kekayaan alamnya.
|
10
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak.
·
Lingkungan keluarga.
·
Lingkungan sekolah
·
Buku Pedoman Guru Tema 4 Kelas 4.
·
Buku Siswa Tema 1 Kelas 4.
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang sikap terhadap Berbagai Pekerjaan dengan
bijak. Kondisi lingkungan dan jenis profesi masyarakat.
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
Penilaian
1. Rubrik siswa: Penilaian Presentasi Proses Pembuatan Daun Teh
Beri tanda (√ ) pada kolom sesuai dengan presentasi temanmu.
Kriteria
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Berlatih
Lagi
(1)
|
Bahasa yang
Digunakan
|
Kalimat jelas dan
sebagian kurang
dimengerti
|
Kalimat cukup
jelas, tetapi
ada beberapa kata
yang
sulit dimengerti
|
Kalimat sulit
Dimengerti
|
Suara saat
Presentasi
|
Sebagian
pengucapannya jelas
dan terdengar
|
Terdengar dan
sebagian
pengucapannya
kurang
jelas
|
Tidak terdengar
|
Sikap saat
Presentasi
|
Berani dan kurang
percaya diri
|
Cukup berani, tetapi
tampak masih ragu
|
Tidak percaya diri
(malu dan tidak mau
bicara)
|
2.
Daftar periksa untuk mengolah informasi
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis semua
proses daun teh menjadi teh tubruk
|
|
|
Menulis secara
runtut
|
|
|
Menulis dengan kata
baku
|
|
|
3.
Daftar periksa untuk cerita siswa di Ayo Renungkan
Kriteria
|
Keterangan
|
|
Sudah
|
Belum
|
|
Menulis lokasi
tempat tinggal
|
|
|
Menulis pekerjaan
yang ada di lokasi tempat tinggal
|
|
|
Menjelaskan
hubungan lokasi dengan jenis pekerjaan
|
|
|
4.
Penilaian Sikap (peduli, rasa ingin tahu, tekun, dan teliti).
NO
|
Nama
|
Sikap Sosial
|
Keterangan
|
|||
|
Peduli
|
Rasa ingin tahu
|
Tekun
|
Teliti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Drs.
Supriyanto
NIP
19570930198003011004
|
|
Yogyakarta, Juli 2016
Guru
Kelas
Trisna
Mulyana, S.Pd
NIP 196707222008011006
|